More Categories

Jun 10, 2017

Tips & Trik Cara Aman Menginstall Wordpress

Cara aman install wordpress


Menginstall Wordpress adalah hal yang sangat mudah. Kalian hanya perlu mengisi beberapa data dan memulai pemasangan. Namun, 1 hal yang harus kalian ketahui tentang Wordpress :) ini bukan plartform yang aman.

Tahukah, kalian dapat mengaman kan situs Wordpress dengan melakukan beberapa perubahan saat melakukan pemasangan? Kebanyakan dari kalian dengan mudahnya memasukan admin sebagai username.
Percayalah, kalian melakukan Hal yang salah.
Berikut adalah cara mudah untuk menginstall Wordpress dengan keamanan.

Login ke cPanel

Softaculous Apps Installer

Pertama, Masuk kedalam cPanel. Klik pada Wordpress yang berada dibawah pada Softaculous Apps Installer. Rata - rata penyedia layanan Web Hosting sudah menyediakan Softtaculous Apps Installer yang telah dibekali lebih dari 200 Script. Jadi kalian bisa memilih apa yang cocok dengan kalian.
Kalau kalian belum memiliki Hosting untuk situs yang akan dibuat, saya rekomendasikan memilih Hosting dari Exabytes Indonesia - Penyedia layanan Domain & Web Hosting Murah Indonesia.

Lanjut pada halaman pemasangan

Wordpress

Klik pada Install Now. Ini akan memindahkan kalian kehalaman pemasangan. Kalian harus mengisi beberapa data untuk pemasangan Wordpress. Data ini dibutuhkan untuk menjalankan dan mengelola Wordpress.

Pengaturan Perangkat Lunak & Pengaturan Situs:

Pemasangan Wordpress

Saya sendiri menyarankan untuk selalu memilih protokol “https”. Tidak masalah jika kalian hanya untuk membuat blog, website sederhana, forum, dan lainnya. Tapi jika situs kalian diawali dengan “https” akan menunjukan bahwa situs itu aman dimata visitor dan memungkinkan visitor kembali lagi dilain waktu. Google juga akan memberikan perhatian lebih di mesin pencari pada situs yang diawali dengan “https”. Setelah itu pilih domain untuk pemasangan Wordpress, abaikan jika hanya memiliki 1 domain saja. Jangan lupa untuk menghapus “wp” karena ini akan melakukan pemasangan pada direktori “https://websitekamu.com/wp”.

Untuk Site Name, masukan nama situs sesuai keinginan kalian. Itu akan muncul pada tiap Tab Browser. Site Description, masukan beberapa penjelasan tentang situs kalian. Terkadang itu diperlukan untuk menjelaskan tentang apa yang dibahas oleh situs kalian. Jika kalian hanya punya satu situs abaikan Opsi “Enable Multisite (WPMU)”.

Pemilik Akun & Bahasa:

Pemasangan Wordpress

Kebanyakan dari kalian disini salah. Menggunakan admin untuk username adalah kesalahan besar. Kalian harus menggunakan nama pengguna yang Unik. Untuk kata sandi, buat sekuat mungkin dengan menggunakan kombinasi Huruf Besar, Kecil, Nomor, dan Simbol. Gunakan indikasi kata sandi untuk melihat seberapa kuat kata sandi yang kalian buat. Setelah itu pilih bahasa yang akan kalian pilih untuk menjalankan Wordpress.

Pengaturan Lanjutan:

Pemasangan Wordpress

Masukan nama database. Harap rubah “form Table prefix WP” dengan karakter apapun (Panjang max 6). Jangan abaikan ini dengan pengaturan bawaan, untuk keamanan situs. Kalian harus mengaktifkan Fitur “Auto Upgrade”. Ini akan memperbaharui Wordpress kalian ke versi terakhir jika tersedia. Abaikan “backup” biarkan Default.  Kalian bisa menggunakan Plugin untuk mencadangkan, ini lebih baik dari pada pengaturan bawaan. Jangan pilih Tema apapun disini jika kalian sudah memilikinya.

Pemasangan Wordpress:

Pemasangan Wordpress

Lebih baik kalian memasukan alamat email untuk menerima rincian informasi sebelum memulai pemasangan. Setelah itu, klik Install. Kalian akan dialihkan ke halaman pemasangan Wordpress.

Proses Pemasangan Wordpress
Jika kalian mengisi semua dengan benar, kalian akan dialihkan ke halaman pemasangan berhasil Wordpress.

Pemasangan Wordpress Selesai

Sekarang Wordpress telah terpasang disitus kalian. Untuk masuk ke halaman Darboard  Wordpress “wp-admin” setelah URL situs. Sebagai contoh, https://websitekamu.com/wp-admin

Itulah langkah-langkah untuk menginstal wordpress dengan keamanan.


Sekian untuk kali ini, jangan lupa bagikan untuk memberi tahu yang lain.

0 on: "Tips & Trik Cara Aman Menginstall Wordpress"